Sajian Baru Hotel Santika Premiere ICE – BSD City, Nasi Jagung dan Gabus Pucung

Sebagai hotel yang mengedepankan sentuhan khas Indonesia, kini hotel Santika Premiere ICE – BSD City mempersembakan dua menu andalan baru, Nasi Jagung dan Gabus Pucung. Kedua menu ini akan menggoyang lidah para pecinta makanan Indonesia tempo doeloe.

Nasi Jagung

Nasi Jagung atau disebut juga dengan Nasi Empog merupakan salah satu makanan khas Indonesia berbahan dasar jagung tua yang ditumbuk dan sangat terkenal dikalangan masyarakat Jawa khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur, Sumbawa, Flores, dan Timor. Nasi Jagung sangat popular dan dijadikan makanan pokok pada masa sebelum orde baru karena kondisi masyarakat Indonesia yang kesulitan membeli beras yang mahal harganya. Pada masa orde baru, pemerintah mengadakan program swasembada pangan sehingga penanaman padi merata di seluruh daerah di Indonesia dan bahkan impor beras dari Thailand dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Lambat laun makanan lezat berbahan dasar jagung ini pun ditinggalkan, padahal Nasi Jagung menyimpan berbagai manfaat. Nilai gizi yang terkandung dalam Nasi Jagung lebih tinggi dibandingkan dengan beras. Nasi Jagung mengandung Vitamin A, B1, B6, B12, C, dan E, Mineral Folat, Kalsium, Fosfor, Natrium, dan Zink, dan serat. Gizi yang paling tinggi terkandung dalam Nasi Jagung adalah Magnesium (Mg) yang dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit Diabetes dan darah tinggi.

thumb_sam_0439_1024a

Nasi Jagung yang sudah semakin sulit ditemukan dan dulunya hanya terkenal di daerah pedesaan, kini dapat ditemui di Hotel Santika Premiere ICE – BSD City dengan tampilan yang cantik dan menarik.

Gabus Pucung

Bagi sebagian orang mungkin tidak asing dengan makanan lezat satu ini. Gabus Pucung atau Sayur Ikan Gabus Pucung merupakan makanan khas Betawi yang banyak dipengaruhi oleh budaya Cina, Eropa, dan Arab. Gabus Pucung terbuat dari Ikan Gabus yang dimasak dengan bumbu pucung atau dikenal dengan istilah kluwek yang biasa digunakan untuk memasak rawon. Dalam tradisi Nyorog, yaitu sebuah tradisi dalam masyarakat Betawi yang dilakukan sebagai kewajiban untuk mengahantarkan makanan ke orang tua menjelang bulan Ramadhan atau lebaran, Gabus Pucung merupakan salah satu makan yang disajikan dalam tradisi tersebut.

thumb_sam_0391_1024a

Seiring berjalannya waktu, tradisi ini semakin ditinggalkan. Sama dengan Nasi Jagung, Gabus Pucung juga semakin sulit ditemukan. Namun, tidak perlu khawatir, makanan lezat khas Betawi ini dapat ditemukan di Hotel Santika Premiere ICE – BSD City dengan penampilan yang menggugah selera!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s